Selasa, 26 Mei 2009

Kijang Innova Puaskan Keluarga Wartawan

Kijang Innova Puaskan Keluarga Wartawan

Tagline Toyota Kijang Innova sebagai mobil keluarga Indonesia kembali terbukti. Kisah nyata yang merasakan kebanggaan dan kepuasan bersama Kijang Innova adalah keluarga para wartawan. Pada acara Toyota Kijang Innova Experience Journalist Family (TKIEJF) yang diselenggarakan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), membuktikan bahwa keluarga para jurnalis tersenyum puas usai merasakan sensasi berkendara bersama Kijang Innova. "Kita sadar wartawan sangat sibuk dengan liputan berita. Melalui acara ini, kita ingin rekan-rekan bersama keluarga berwisata dengan menggunakan Kijang Innova," ujar Marketing PR PT TAM Rouli Sijabat. Dari beragam pilihan lokasi wisata yang ditawarkan oleh TAM kepada keluarga para wartawan, Taman Safari Bali adalah tujuan obyek wisata paling jauh dari Jakarta. Meskipun menempuh jarak ribuan kilometer, pada awal Mei 2009 lalu beberapa jurnalis media elektronik terutama TV tercatat mengikuti event ini. Rombongan jurnalis yang menyukseskan acara Toyota Kijang Innova Experience Journalist Family diantaranya Muhammad Budhi (RCTI), Yanti Aryati (Auto Zone, Metro TV), Julung Sintawati (ANTV) dan Lucky Savor (HIN TV, TV One). Mereka ditemani langsung oleh Rouli Sijabat dan Lia Zahra (dari TAM). Dengan profesi sebagai wartawan televisi tentu dapat dibayangkan seperti apa perangkat yang dibawa. Mulai dari kamera, tripod, mikrofon, plus koper pakaian, semuanya tertampung pada bagasi yang luas dari dua unit Innova yang disediakan TAM. Supaya perjalanan berlangsung lancar tanpa hambatan, maka kedua mobil telah mengalami pemeriksaan di Workshop Agung Automall. Selesai pemeriksaan, tur langsung digeber menuju Tsavo Resto, Taman Safari. Kijang Innova Dikerubuti Singa Inilah keajaiban Kijang Innova. Di alam liar memang kijang menjadi santapan dari singa, namun khusus di Taman Safari terjadi kebalikkannya. Para wartawan-lah yang melakukan santap siang ditemani para singa yang bebas berkeliaran, yang hanya dibatasi kaca dan kolam kecil. Bahkan rombongan wartawan ini menjadi tur pertama yang bisa mengelilingi Taman Safari Bali dengan Toyota Kijang Innova. Sesuai ketentuan, biasanya wisatawan diantar dengan trem khusus punya Taman Safari. Alhasil dua unit Kijang Innova pun jadi perhatian para singa dan harimau untuk saling mendekat. Namun untunglah kabin Kijang Innova mampu melindungi dan mengamankan seluruh penumpangnya. Kepuasan Bersama Kijang Innova Puas berpetualang di Taman Safari, rombongan meluncur ke Jimbaran untuk bersantap malam di tepi pantai. Yang dilanjutkan dengan beristirahat di Hard Rock Hotel, Kuta. Keesokannya perjalanan berlanjut menuju hulu sungai Telaga Waja di Klungkung. Satu catatan penting, meski kondisi jalan berkelok-kelok, namun para jurnalis tidak kelelahan dan tetap merasa nyaman. Dukungan suspensi Innova yang sudah dilengkapi teknologi double wishbone dengan coil spring dan stabilizer itulah kunci rahasianya. Sesampai di lokasi, rombongan pun dibagi tiga untuk segera menurunkan peralatan arung jeram yang tertampung di bagasi Innova. Tim ini kemudian menyusuri jeram-jeram Sungai Telaga sejauh 16 km, dan Innova juga menelusuri jalan pinggir sungai menunju titik pertemuan. "Acara selama dua hari terasa kurang lama," bilang Yanti Aryati dari Auto Zone, Metro TV. Ia mengaku tidak merasa lelah sama sekali berkendara dengan Innova yang dinilainya sangat cocok untuk wisata beserta keluarga. Sementara itu, Muhammad Budhi dari RCTI memuji acara Kijang Innova Experience. Baginya acara dari TAM ini sangat lain daripada yang lain. Ada keunikan dan kemewahan tersendiri. Bahkan, Julung Sintawati dari ANTV merasa puas, sekalipun jadwal kegiatan sangat padat. "Saya bisa tidur selama berada di dalam Kijang Innova. Padahal, saya orangnya susah tidur," tutur Santi. Lucky Savor dan HIN TV juga demikian. Kesehariannya bergelut dengan syuting otomotif, dia menikmati kehebatan tenaga Innova. Berbagai medan di Pulau Dewata dilewati dengan penuh kenyamanan. Usai acara dari Bali, para wartawan mengaku terkesan dengan acara Toyota Kijang Innova Experience Journalist Family. Selain Bali, sebelumnya acara ini pernah diadakan pula untuk tujuan wisata ke Bandung dan ke Pulau Umang, yang terletak sebelah selatan Ujung Kulon. Di Bandung yang pernah ikut diantaranya komunitas Avanza-Xenia Indonesia Community (AXIC), serta majalah umum, seperti Gatra dan sebagainya. Sementara di Pulau Umang pesertanya adalah tiga media harian, yakni Bisnis Indonesia, Suara Pembaruan, dan Sindo. Sumber : Toyota Indonesia

Perbedaan New Innova Dengan Innova Sebelumnya

Perbedaan New Innova Dengan Innova Sebelumnya

Jenis

Perubahan

Body

Perubahan Design pada Radiator Grille, Front Bumper, Rear Combination Light dan penambahan Reflex Reflectors

Engine

Untuk Mesin Diesel 2KD-FTV di tambah Air flow meter

Vleg

Untuk Type V Grade dengan design vleg yang baru sedangkan untuk Type G menggunakan design type V yang lama

Interior

Console box yang lebih tinggi untuk memperpendek jarak perpindahan gigi untuk Type M/T

Chassis

Shock Absorber yang lebih lembut

A/C

Untuk Type V perubahan pada design panel A/C

Kijang Innova, Mobil Keluarga Mapan yang Paling Dicari Kijang Innova merupakan mobil keluarga kelas menengah atau mapan yang sangat diinginkan konsum

Kijang Innova, Mobil Keluarga Mapan yang Paling Dicari

Kijang Innova merupakan mobil keluarga kelas menengah atau mapan yang sangat diinginkan konsumen Indonesia, baik baru maupun bekasnya. Kesimpulan tersebut didasarkan pada data mobil baru terlaris di Indonesia dari Januari–April 2009 dan juga penjualan mobil bekas dari seluruh ruang pamer Mobil88. Untuk mobil baru terlaris, Innova berada pada posisi ketiga setelah Avanza dan Xenia. Varian Innova yang paling laku adalah G bensin tranmisi manual yang dijual dengan harga Rp 225.800.000 dan Rp 228.100.000. Varian namun bermesin diesel, harganya lebih mahal sekitar Rp 15 juta. Harga tersebut kalau dibandingkan dengan versi Avanza yang paling laku, 1,3 liter transmisi manual yang paling mahal, perbedaannya berkisar Rp 80 – 100 juta. Sangat tinggi. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan konsumen membeli Innova “second” atau yang sudah pernah dipakai. Menurut Leovan Widjaja dari Mobil88, jumlah konsumen yang mencari Innova ditempatnya sangat tinggi. “Untuk Innova mencapai 23 persen. Bandingkan dengan Avanza yang lebih murah dan paling dicari, pangsanya 26 persen dari seluruh merek dan model yang kami jual,” jelasnya. Ditambahkannya konsumen mencari atau membeli Innova sebagai umumnya sebagai mobil kedua. Atau bila anggota keluarganya banyak. “Kebanyakan konsumen yang mencari Innova, sudah punya mobil. Mereka mencari dan membeli Innova sebagai kendaraan kedua. Atau bisa pula karena butuh kendaraan yang lebih besar dan nyaman,” jelas Leovan. Sedangkan Avanza dicari oleh konsumen yang baru pertama kali punya mobil. Berdasarkan data yang diperoleh KOMPAS.com dari Mobil88, harga Innova second sangat tergantung pada kondisi pemakaian sebelumnya. Salah satunya, jarak tempuh. Sebagai contoh, pada tabel harga berikut, yaitu Innova E transmisi manual 2007, harga bisa berbeda sampai Rp 21 juta. Penyebabnya, jarak tempuh, masa berlaku STNK dan kondisi lainnya. Berikut harga jual Innova dari beberapa varian yang tersedia pada Mobil88 Jakarta pada minggu lalu. Tentunya harga ini masih bisa dinegosiasikan.

Tipe
Tahun
Harga
(Rp x juta)
Jarak Pakai
(km)
E MT
2007
177
11.130
E MT
2007
156
41.428
E MT
2005
134
100.000
G
2008
193
36.000
G Diesel
2007
198
57.472
G AT Bensin
2007
195
39.219
G 2007
2007
186
22.275
G MT
2004
148
62.983
G A/T
2004
150
118.000
V MT
2005
162
45.318
Sumber: Kompas

Senin, 18 Mei 2009

Jantung & Air Es . . . .

Jantung & Air Es . . . . EFFECTS OF COLD WATER Please be a true friend and send this article to all your friends you care about. Serangan Jantung dan kebiasaan Minum Air Panas / hangat.... Artikel ini berguna untuk semua.

Bukan saja anjuran meminum air panas selepas makan, tetapi berhubungan dengan SERANGAN JANTUNG!!!!. Secara logik..., mungkin ada kebenarannya. .. Orang-orang China dan Jepang mengamalkan minum teh panas sewaktu makan... dan bukannya air ES. Mungkin sudah tiba masanya kita meniru kebiasaan minum air panas / hangat sewaktu menikmati hidangan!!!! Kita tidak akan kehilangan apa-apa... malah akan mendapat faedah dari kebiasaan ini. Kepada siapa yang suka minum air ES, artikel ini sesuai untuk anda baca. Memang enak dan segar minum air ES selepas makan, tetapi akan berakibat fatal !! Walaubagaimanapun, Air ES akan membekukan makanan berminyak yang baru kita makan. Ia akan melambatkan proses pencernaan kita. Bila lemak-lemak ini terbentuk di dalam usus, ia akan menyempitkan banyak saluran dan lama kelamaan ia akan menyebabkan lemak berkumpul dan kita semakin gemuk dan menuju ke arah mendapat berbagai PENYAKIT. Jalan terbaik.....adalah untuk minum sup panas atau air PANAS/hangat selepas makan.. :Nota penting tentang SERANGAN JANTUNG!!! Anda perlu tahu bahwa tanda-tanda serangan jantung akan mulai terasa pada tangan sebelah kiri. Berhati-hati juga pada permulaan sakit sedikit-sedikit pada bagian atas dada anda. Anda mungkin tidak akan mengalami sakit dada pada serangan pertama serangan jantung. Keletihan dan berkeringat adalah tanda-tanda pada umumnya. Malah 60% pengidap SAKIT JANTUNG tidak bangun selepas tidur. Marilah kita berwaspada dan berhati-hati. Lebih banyak kita tahu, lebih cerah peluang kita untuk terus hidup... PAKAR SAKIT JANTUNG berkata, jika semua orang yang mendapat e-mail ini menghantar kepada 10 orang yang lain, beliau yakin akan dapat menyelamatkan satu nyawa. Baca ini.... ia juga mungkin dapat menyelamatkan nyawa anda!!!!. **Jadilah teman yang setia dan teruskan menghantar artikel ini kepada teman-teman yang anda sayangi..... !!!!

Selasa, 12 Mei 2009

Menyambut Ulang Tahun Tabloid Otomotif ke 18 maka ditampilkan 1+8 Mobkas pilihan. Maksudnya ialah memberikan pilihan (1+8) mobil bekas favorit dan diharapkan konsumen bisa mengadopsi konsep smart buying dengan melirik mobkas tanpa harus mengeluarkan dana berlebih guna membeli mobil baru.
  1. Honda Jazz
Honda Jazz memang fenomenal. Dimensinya yang kompak dan ragam fitur serta desain yang sulit dicontek kompetitor menjadikan kendaraan ini layak menjadi nomor 1 di pasar mobkas.
2. Toyota Avanza
Inilah mobil yang berhasil mengambil hati jutaan masyarakat Indonesia. Pantas saja mobil ini selalu ada di setiap showroom mobil bekas.
3. Daihatsu Xenia
Semakin mahalnya Xenia baru membuat versi bekasnya makin diincar. Makanya posisi ke 3 layak disandang oleh Xenia. Bagi anda yang tidak mengutamakan merk, maka Xenia menjadi tawaran menarik.
4. Honda New City
Bagi kalangan eksekutif muda yang merasa banderol All New City terlalu tinggi, bisa berburu versi bekas ini. Beragam fitur keselamatan menjadi poin lebih mobkas ini. Pastinya resale value yang lebih baik dari Vios dan Baleno menjadikan mobil ini layak menjadi 9 besar.
5. Nissan Grand Livina
Inilah MPV pemikat hati . Sejak pertama kali di lauching, mobil ini sudah membuat sensasi tersendiri di kalangan masyarakat. Saat ini banyak orang yang mencari versi bekasnya, dikarenakan mobil ini sesuai dengan karakteristik keluarga Indonesia yang butuh daya muat banyak orang dan irit.
6. Suzuki Escudo
Dengan tampilan gagah dan maskulin menjadikan mobil ini menjadi satu-satunya SUV bekas yang ramah dengan kantong. Brand image Suzuki menjadikannya layak diburu untuk singgah di garasi.
7. Suzuki Karimun (kotak)
Mobil imut ini masih digemari dan menjadi primadona di segmen city car. Meski versi baru sudah keluar, tapi pasar justru lebih tertarik dengan model yang lawas.
8. Hyundai Atoz
Di peringkat 8 ini dihuni oleh Hyundai Atoz yang sempat diragukan mampu bersaing dengan merk Jepang. Fakta berkata sebaliknya, Atoz mempunyai penggemar dan menarik minat banyak orang. Efisiensi menjadikan alasan utama mengapa mobil ini tetap diburu.
9. Suzuki Aerio
Diperingkat terakhir bertengger Suzuki Aerio dengan memanfaatkan resale value yang kurang bagus.

Kijang Innova : Satu Busi Satu Koil, Makin Mantap

Kijang Innova : Satu Busi Satu Koil, Makin Mantap

Sistem dan komponen pengapian pada mesin bensin—khususnya Kijang Innova—adalah bagian utama yang menentukan performa mesin. Karena pembakaran dimulai oleh pengapian, mesin bensin disebut juga SI atau spark ignition. Pembakaran terjadi karena adanya nyala yang membakar campuran udara dan bahan bakar yang dimampatkan di dalam mesin atau ruang bakar. Nyala atau bunga api dihasilkan oleh busi. Ujung busi yang menghasilkan bunga api berada di ruang bakar. Tanpa Distributor Terdapat perbedaan cukup banyak antara mesin Kijang Innova dan versi yang mesin Kijang yang masih menggunakan karburator untuk sistem pengapiannya. Pada mesin Innova atau mesin Kijang yang sudah menggunakan sistem injeksi tidak lagi menggunakan distributor atau bahasa sehari-hari sering juga disebut “delko” atau platina. Sistem pengapian tanpa distributor ini bahasa kerennya DIS (distributorless ignition system). Karena tidak punya distributor, waktu pengapian tidak perlu lagi disetel lagi, seperti mesin “jadul” dengan menggeser-geser distributor. Dengan ini pula, perawatan makin praktis. Di samping itu, performa atau kinerja mesin tetap bisa dijaga selalu berada pada kondisi prima. Pasalnya, tidak ada bagian yang cepat rusak atau oblak. Dulu, zaman distributor yang masih menggunakan platina, bagian ini paling sering oblak dan langsung memengaruhi kerja mesin. Distributor tidak lagi diperlukan karena setiap busi langsung diaktifkan oleh satu koil. Setiap busi punya satu koil. Pada mesin lama, bentuk koil mirip dengan botol. Satu koil digunakan untuk empat busi (mesin empat silinder) atau lebih (tergantung jumlah silinder). Kondisi tersebut membuat kerja koil jadi berat, terutama ketika bekerja pada putaran tinggi. Coba bayangkan, mesin 4 silinder, yang bekerja pada 5.000 rpm, mengharuskan koil menghasilkan tegangan tinggi 10.000 kali setiap menit atau 27 kali per detik. Pasalnya, setiap dua putaran per silinder, busi harus menghasilkan satu kali tegangan. Nah, kalau empat silinder, 2 x 5.000 = 10.000. Koil sekarang yang langsung dipasang di kepala busi hanya bekerja sekali untuk setiap dua kali putaran mesin (khusus mesin 4 langkah). Itu jauh lebih ringan. Kalau dulu hanya satu, kini empat. Berarti, bila mesin bekerja pada 5.000 rpm, koil cukup bekerja 2.500 kali. Bentuk koil sekarang lebih kurus dan mirip cerutu. Karena itu, sering juga disebut koil cerutu, meski bagian atas dibuat agar besar. Pada bagian ini terdapat igniter yang memicu koil untuk menghasilkan tegangan tinggi. Tepatnya, satu koil satu igniter. Dengan demikian, kinerja sistem pengapian Innova jauh lebih baik, lebih andal. Kerugian karena induksi kabel busi bisa dihilangkan. Juga tidak menimbulkan storing pada audio dan radio. Pengaruh Pengapian Kerja sistem pengapian sangat berpengaruh pada performa mesin. Makin baik kerja sistem pengapian—selain waktu (timing) dan besarnya bunga api yang dihasilkan—tenaga yang dihasilkan mesin bertambah. Konsumsi bahan bakar juga jadi lebih irit. Suara yang ditimbulkan mesin lebih halus. Tak kalah penting, hal itu juga ikut menurunkan polusi gas buang. Knock Sensor Kerja pengapian, yaitu waktu mencetuskan bunga api pada busi, ditentukan oleh langkah kerja mesin. Pengapian terjadi menjelang akhir langkah kompresi. Mesin Kijang Innova dirancang dengan efisiensi kerja tinggi. Hal itu bisa dilihat dari perbandingan kompresi mesin yang termasuk tinggi, 9,8 : 1. Sebenarnya, untuk mesin dengan perbandingan kompresi setinggi itu, lebih mantap menggunakan asupan bahan bakar dengan nilai oktan lebih tinggi, misalnya 92 atau 95. Masalahnya, menggunakan bensin beroktan lebih tinggi memaksa pemilik Innova harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk bahan bakar. Pasalnya, bensin beroktan tinggi, seperti produk Pertamina, yaitu Pertamax dan Pertamax Plus serta produk Shell, harganya lebih mahal dari Premium. Akibatnya, meski menggunakan Pertamax atau Pertamax Plus, konsumsi bahan bakar per kilometer lebih irit. Namun, total rupiahnya tetap saja lebih tinggi. Inilah yang menyebabkan konsumen lebih tertarik memberikan asupan “gizi” standar buat Kijang Innovanya. Toh, akibat langsung tidak dirasakan. Mesin tetapi bekerja dengan mulus. Kecuali, lebih boros atau akselerasi agak payah dibandingkan bila menggunakan Pertamax, apalagi bila bebannya penuh dan disuruh lagi menanjak. Kondisi ini telah diantisipasi oleh Toyota. Mesin Innova dilengkapi dengan “knock sensor”. Nah, bila mesin mengalami detonasi atau “mbrebet”, menembak karena gizi bahan bakar yang kurang cocok dengan selera mesin, knock sensor akan memberi informasi ke komputer mesin. Selanjutnya, komputer mengubah waktu pengapian secara otomatis. Dalam hal ini, dimajukan. Hasilnya, gejala menembak bisa langsung dicegah. Gizi Bensin Makin bagus kualitas bensin, kerja mesin makin efisien alias irit. Jumlah bahan bakar yang terbakar lebih banyak. Proses pembakaran juga berlangsung lebih cepat. Ini yang menyebabkan bensin beroktan tinggi menghasilkan tenaga dan akselerasi lebih mantap dibandingkan Premium. Mengingat Kijang Innova adalah kendaraan keluarga, dan sering digunakan dengan muatan banyak, termasuk ke luar kota, tak ada salahnya—malah lebih baik—sekali-kali diberi bensin beroktan tinggi. Terutama, bila Innova harus membawa muatan banyak serta melalui jalanan penuh tanjakan dan macet. Dengan asupan gizi yang lebih baik, yaitu bensin beroktan lebih tinggi, mesin bekerja lebih ceria dan mantap. Perjalanan berat pun jadi lebih ringan. Juga perlu diingat, menurut Toyota, setiap 20.000 km atau 24 bulan, busi harus diganti. Tujuannya agar bisa tetap bekerja optimal. Sumber : Kompas

Sabtu, 02 Mei 2009

MURAH BENER ! ! !

Harga mobil bekas di Jepang ternyata sangatlah murah. Coba lihat beberapa iklan mobil bekas di salah satu website mereka

US$7,545

¥740,000

2002 Mercedes-Benz C-Class

C200 compressor

203045

  • Right
  • Automatic
  • 58,000 km
  • Used

Premium ExporterAUTO CONNECT WINS Location:JAPAN JAPAN

Gila bener harga C200 thn.2002 hanya 86 jutaan
Isuzu Wizard

US$3,365

¥330,000

2000 Isuzu Wizard

quickl sale!! LS-S LTD

UES73FW

  • Right
  • Automatic
  • 81,248 km
  • Used

Premium ExporterBudget Holdings Co., Ltd. Location:JAPAN JAPAN

Isuzu Wizard tahun 2000 hanya 37 juta
Audi A4

US$3,161

¥310,000

2000 Audi A4

1.8

GF-8DAPT

  • Right
  • Automatic
  • 78,000 km
  • Used

Premium ExporterMAULOA Location:JAPAN JAPAN

Audi A4 tahun 2000 hanya 36jutaan
Toyota Vitz

US$7,953

¥780,000

2007 Toyota Vitz

F

KSP90

  • Right
  • Automatic
  • 11,000 km
  • Used

Premium ExporterAN(Nagoya)Inc. Location:JAPAN JAPAN

Toyota Yaris tahun 2007 hanya 87jutaan
Toyota Land Cruiser Prado

US$7,443

¥730,000

1999 Toyota Land Cruiser Prado

TX LTD

GF-RZJ95W

  • Right
  • Automatic
  • 120,000 km
  • Used

Premium ExporterJapan Reliance Trading Location:JAPAN JAPAN

Toyota Landcruiser Prado tahun 1999 hanya 80jutaan

Jumat, 01 Mei 2009

Ceroboh / Gegabah / Bodoh / . . . .

Mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat . . . . Sangat BODOH !!! Sedikit guncangan maka jadilah KOLAM LISTRIK ( hukuman baru bagi orang bodoh)

Orang Jepang Gila yach....

Jepang terkenal dengan teknologinya, salah satunya dalam hal kendaraan bermotor. Hampir 65% kendaraan di dunia dikuasai oleh merk Jepang. Ditengah maju dan modernnya teknologi tersebut ternyata masih dijumpai kegilaan seperti gambar dibawah ini: Sangat GILA !!! Berguling-guling diatas kayu berduri sepanjang 5 meter kemudian disiram air jeruk. Atraksi ini sangat berbahaya !!! Don't Try This At Home !!!

10 penyebab kebakaran pada mobil

Waspada, 10 penyebab mobil terbakar!

Bagi yang punya mobil sayang kan klo tiba2 terbakar? kalau ngak sampai membahayakan keselamatan nga apa2, tapi kalo lagi apes? Inilah malapetaka yang paling ditakuti pemilik mobil. Bayangkan, hanya dalam 10 menit, kendaraan sudah menjadi kerangka. Kejadiannya bisa kapan saja dan di mana saja dan selama semester I tahun ini, di Jakarta terjadi 10 kasus mobil terbakar. Lantas dari mana api berasal? Hengky, workshop manager Simprug Mobil mengatakan, "Kebakaran dikarenakan dua faktor. Pertama, adanya pemantik dan kedua bersentuhan dengan bahan bakar." Selain itu, tambah Teddy Rev, bos Rev Engineering, korsleting pada kabel juga bisa memercik api dengan mudah. Nah, di bawah ini ada 10 penyulut kebakaran pada kendaraan
  1. Kabel terkelupas. Bisa jadi biang pemantik api. Kondisi mobil yang tidak stabil membuat kabel yang sudah getas saling bergesekan. Ciri khasnya, ada aroma bau sangit. Bila sudah tercium, segera pinggirkan kendaraan.
  2. Kabel paralel bertumpuk pada aki. Biasanya kabel paralel pada aki suka tidak kencang pengikatannya (baut), sehingga korsleting kerap terjadi. Biar aman, soket kabel atau baut pada pada aki acap diperiksa.
  3. Besar kabel tidak sesuai. Kabel sangat riskan jika tidak menggunakan tipe yang tepat. Karena setrum kabel mempunyai daya yang berbeda. Akibat salah mengaplikasi, kabel bisa memuai dan api dapat menjalar ke seluruh bagian mobil.
  4. Selang bensin bocor. Terutama untuk mobil yang sudah punya umur. Selang bensin cuma bermaterial serat kain, jadi gampang getas atau robek.
  5. Karburator. Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, jangnan menggunakan air filternya yang terbuka. Hawa bensin terkadar tembus melewati celah-celah kecil dari boks air filter. Bahayanya, ada kabel yang lecet dan bergesekan trus terkena hawa bensin.
  6. Pipa knalpot bocor. Terutama yang melewati di bawa tangki bensin. Karena terkena hawa panas, bensin ikutan mennguap. Secara nggak langsung bisa juga terbakar, walau membutuhkan waktu lama.
  7. Oli bocor. Mobil yang telah mengalami upgrade mesin, penggunaan wraping (pembungkus antipanas) pada header memang wajib. Tapi teliti apakah ada cipratan oli dari blok mesin atau bagian lain yang dekat dengan header atau knalpot.
  8. Mesin upgrade. Mobil yang mesin sudah dimodifikasi, pakai selang bensin berkualitas. Apalagi bahan bakarnya bensol, sebaiknya pakai selang yang breanded dengnan serat karbon atau baja.
  9. O-Ring injektor. Karet atau selang o-ring injektor harus fleksibel. Jika sudah keras, cepat ganti untuk mencegah kebocoran.
  10. Setrum kabel busi bocor. Sangat riskan menimbulkan percikan api, jika terkena tetesan bensin. Sekali sentuh saja, tangan bisa kesetrum hebat. Apalagi ada uap bensin.